Sunday, March 27, 2011

SEARCH ENGINE and BLOG

LAPORAN AKHIR 
INTERNET DASAR


NAMA : RIANA EKA PRAWURI
NPM/KELAS : 25210874/1EB08
MATERI PRAKTIKUM : SEARCH ENGINE and BLOG
TANGGAL PRAKTIKUM : 23 MARET 2011
TUTOR : JAMARIS
UNIVERSITAS GUNADARMA

BLOG

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


SEJARAH
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Compada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

JENIS - JENIS BLOG
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

KELEBIHAN dan KEKURANGAN BLOG

KELEBIHAN:
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. 
Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.
KEKURANGAN:
beberapa kekurangan blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.
TAHAP PEMBUATAN BLOG
Berikut ini cara membuat blog di blogger atau blogspot:

1. Buka alamat website 
http://www.blogger.com
2. Setelah muncul halaman website, kemudian klik “Create Your Blog Now” di dalam tanda panah yang berwarna jingga. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran.
3. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.
4. Langkah selanjutnya adalah penentuan nama blog yang akan kamu pakai. Untuk blog title atau nama blog, kamu bisa mengisinya dengan bebas sesuai tema atau isi blog
kamu nantinya. Tapi untuk blog address (URL) kamu perlu memeriksanya
terlebih dahulu dengan mengklik link “Check Availability” setelah menuliskan nama alamat yang akan digunakan. Kalo alamat yg kamu pilih sudah ada yang menggunakan, kamu harus memilih nama lain. Setelah selesai, klik “Continue” untuk melanjutkan proses registrasi.
5. Pada tahap yang ketiga atau terakhir, kamu diminta untuk memilih template atau theme yang sesuai dengan selera kamu. Desain sudah disediakan oleh blogger.com. Pilih saja yang sudah tersedia, nantinya kamu bisa merubah template dengan desain yang disediakan oleh pihak ketiga. Setelah itu klik link “Continue” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
6. Kemudian akan muncul informasi bahwa blog kamu sudah tercipta. Selanjutnya klik link “Start Posting” dan blog kamu sudah siap di isi posting.
ETIKA NGE-BLOG
1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).

2. 
Hargai Sumber Tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.

3. 
Koreksi Tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan Ă»kesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.

4. 
Ketahui Batas Privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.

5. 
Beri Informasi Identitas Diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring 
social anda seperti facebooktwitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.
Sumber: 
id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://hendradp.wordpress.com/2008/07/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog/
http://benxmine.co.cc/2010/08/membuat-blog-gratis-di-blogger/

No comments:

Post a Comment