Monday, January 16, 2012

Diabetes

Healthy info!

DIABETES
Siapa sih yaa yang bisa tahan sama godaan cokelat, permen, cakes, minuman ringan?  Yameeeh banget kaan. Tapi ya ga semua yang manis-manis itu berefek manis juga loh, bisa-bisa malah kena Diabetes nantinya.
What is Diabetes? Di dalam tubuh kita terdapat banyak hormon yang salah satunya adalah hormon insulin. Insulin ini diproduksi oleh pankreas buat nyeimbangin tingkat glukosa. Jadi insulin ini semacam gula dalam tubuh yang nyediain energi di dalam aliran darah kita.
Kalau tingkat glukosa dalam tubuh kita berlebihan maka akan mengganggu sistem metabolisme, nah nama penyakit inilah yang disebut dengan Diabetes.
Biasanya orang yang terkena diabetes akan selalu merasa lapar, tapi engga nambah nafsu makan jadi berat badan semakin berkurang, terus-menerus ingin buang air kecil dan selalu merasa haus.
Untuk itu penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin untuk bisa menyeimbangkan tingkat glukosa dalam tubuh.
Ada 2 tipe Diabetes yaitu:

*Diabetes tipe 1  disebabkan kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Padahal hormon insulin diperlukan untuk mempertahankan tingkat glukosa yang normal dalam darah. Gejalanya :  berkurangnya berat tubuh secara drastis dalam waktu beberapa hari. Orang yang terkena diabetes tipe 1 ini harus menyuntik insulin setiap hari untuk bertahan  dan biasanya menyerang orang yang masih muda ,seperti remaja. Rata-rata remaja yang terdiagnosis diabetes tipe 1 ini pada usia 14 tahun. Tipe diabetes ini juga bisa didapat dari faktor keturunan. So, cek dulu keluarganya sabi laah hehe.

*Diabetes tipe 2 disebabkan hormon insulin dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa mengontrol glukosa dalam darah. Biasanya orang yang terkena diabetes tipe 2 ini adalah orang – orang yang berusia lanjut atau pertengahan. Mereka memiliki berat tubuh yang berlebihan atau obesitas.

Nah sebelum kita terkena diabetes, ada baiknya ikutin tips-tips dari saya berikut ini :
1.       Makanlah dengan bijak. Maksudnya kita harus makan dengan porsi yang secukupnya saja, jangan tergoda untuk ngemil di sela-sela waktu makan, karena snack yang ga sehat bisa bikin obesitas loh!
2.      Lewatkan saat dessert, karena biasanya waktu dessert itulah kita nyobain semua makanan yang manis-manis dan tentunya mengandung banyak gula kan?
3.      Hindari penggunaan minyak dan mentega pada makanan.
4.     Minum banyak air putih sebelum makan juga bisa ngurangin nafsu makan kita loh!
5.      Kalo makan di restoran fast food, pilih makanan yang sehat, misalnya kaya salad, buah-buahan, atau grilled chicken.
6.     Yang terakhir pastinya dan tidak lain adalah Olahraga , percaya deh kalo kita rajin olahraga kita bisa terhindar dari macem-macem penyakit. Mulai aja dari yang paling sederhana seperti jalan kaki tiap pagi atau ga berenang  :D

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan tentang Diabetes, semoga bermanfaat buat kita semua yang membacanya yaaa  ;))

No comments:

Post a Comment